Selasa, 05 Juli 2011

macam-macam jamaah islam

wahabi, al qoidah/tholiban, Ikhwanul Muslimin(PKS), muhammdiyah, Hizbuttharir sama2 berafiliasi pada mazhab hambali, kelompok2 ini perjuangannya banyak terinspirasi dr ulama besar ibnu taimiyah (ia pengikut hambali).
perbedaanya adh:
wahabi adh bukan organisasi dan bahkan mereka anti organisasi, wahabi menganggap organisasi tdk ada tuntunannya dari rosul dan justru organisasi memecah belah umat (masing2 bangga dengan organisasiny), wahabi anti kekerasan fisik, wahabi mencela perjuangan Al qoidah krn dianggap merusak kestabilan dan keamanan umat dan dunia. wahabi sangat keras trhdp org2 yg dianggap melakukan bid'ah, di mata wahabi bid'ah itu yg berkaitan dgn ibadah contohny, zikir brsama, bersalaman sesudah sholat, acara maulid, tahlilan dsb.
al qoidah seperti wahabi anti demokrasi dan bid'ah, namun al qoidah berjuang dgn jalan kekerasan/jihad fisik.
hizbut tahrir (HT) anti demokrasi, tapi ia adh organisasi, krn ia punya struktur kpemimpinan dan punya AD/RT. mereka beralasan berorganisasi yaitu agar perjuangan lebih rapih dan teratur. mereka anti demokrasi krn demokrasi adh mnjadikan hukum berdasarkn suara rakyat/kumpulan manusia, bukan suara tuhan(Allah). HT tdk mpersoalkn masalah bid'ah dan mazhab yg pentng umat islam mau mperjuangkan syariat.
ikhwannul muslimin berjuang lwt demokrasi krn menganggap islam saat ini dalam keadaan lemah, mk umat islam hrs berjuang lewat demokrasi, seandainya tdk ada umat islam yg berjuang lewat demokrasi, mk negara akan sepenuhnya dikuasai oleh org2 yg munafik dan sekuler. jika umat islam sdh kuat mk sistem sekuler akan diganti dgn sistem syariat. ikhwan juga seperti HTtdk mempersoalkn bid'ah dan mazhab, meski demikian kebanyakan petinggi ikhwan dan HTI adh bermazahab hambali.

muhammadiyah adh organisasi yg mengaku tdk bermazhab, namun faktanya kebanyakan fatwa2 dari muhammdiyah lebih cenderung banyak mengambil dari pemahaman mazhab hambali. muhammdiyah anti kekerasan, muhammadiyah lebih banyak bergerak dan fokus pada persoalan pendidikan dan sosial serta memerangi bid'ah seperti halnya wahabi, namun dlm beberapa banyakn hal berbeda dengan wahabi. muhammdiyah membebaskan kepada jamaahnya untuk memilih pandangan politiknya sendiri.
 fron pembela islam (FPI) dan nahdhotul ulama (NU) sama2 bermahzab syafii, FPI membolehkn berjuang dgn kekerasan sedangkan NU tdk boleh pakai kekerasan.
jamaah tabligh bukan organisasi adh ia aliran sufi yg lebih banyak berbicara tentang akhirat dan sedikit masalah dunia, mereka melarang berbicara soal politik krn politik persoalan dunia dan memecah belah umat, anggota meraka beragam ada yg mazhab hanafi, maliki, syafii dan jg hambali, bagi mereka yg terpenting adalah memperbanyak dekat dgn Allah. mereka juga melarang kekerasan.

teroris yg di indonesia memang bagian dr al qoidah,mereka berbuat kerusakan bahkan org islam sendiri yg jd korban. namun mereka bukanya sesat, krn meraka adh org2 yg rajin puasa dan sholat malam, mereka berijtihad, cuman ijtihad mereka salah, harusnya kekerasan itu dilakukan di afghanistan atau di palestin dan tempat2 lain yg musuhnya sdh jelas. tapi setidaknya kita tau bhw perbedaan dr jamaah2 diatas tdk lantas islam berpecah belah, krn perbedaan itu dikarenakn hasil ijtihad yg berbeda,ijtihad bs salah dan bs jg benar, hanya Allah yg tau. trhadap perbedaan ijtihad hrs saling menghargai, nmn trhdp penyimpangan hrs diperangi contohnya ahmadiyah, syiah dan jaringan islam liberal.

wallhu'alam 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar