Kamis, 16 Juni 2011

diskusi dengan penganut hindu 2

coba ingat lagi:"Saya tidak bahas tentang proses kejadian kok, karena Anda bertanya "diciptakan dri ap??". Jadi saya jelaskan unsur2 yg terdpt pada manusia, bukan prosesnya.

Jika Anda bertanya bagaimana prosesnya, maka saya tidak akan fokus pada bahasan unsur-unsur manusia."
-------------------------------------------------------------------------------------------------------
nah.. ini ketauan kalo hindu memang filsafat kuno, ajaranya memang karangan manusia, sebagaimana kepercayaan2 kuno bangsa maya kuno, mesir kuno, yunani kuno,juga dibuat oleh manusia. o iya zaman sekarang juga masih ada kok kepercayaan2 yg mirip kepercayaan filsafat hindu, contonya dipedalaman papua, kalimantan, sulawesi, terlebih-lebih di afrika. mereka percaya pada sosok ghaib juga loh...dan sosok ghaib ini jg dianggap punya kekuatan dan kekuasaan atas manusia, pokoknya mirip dgn filsafat hindu.

kalo memang seandainya veda itu sakral dan asli firman tuhan, niscaya isinya g bertentangan dgn realita kehidupan, ya.. minimal ayat2 veda relevan/sesuai dgn sains lah..
kaya alquran gitu yg isinya g cuman soal ritual, tp juga soal politik, ekonomi, sosial, pertahanan militer, dan juga relevan dgn sains.

.(TOLONG GUNAKAN AKAL DAN NURANIMU, NISCAYA ANDA AKAN MENEMUKAN KEBENARAN DAN ANDA AKAN SELAMAT, PERCAYALAH SIKSA NERAKA ITU ADA, JANGAN GENGSI UNTUK MENERIMA KESALAHAN, SADARLAH MANUSIA ITU TDK ADA YG SEMPURNA, JADI JIKA ANDA SALAH,UBAHLAH KESALAHaN ANDA SELAMA KESEMPATAN ITU MASIH ADA)

nih aq kasih tau teori terbentuknya kepercayaan penyembah berhala/setan.:

manusia dulu belum bs menguak misteri alam dan kehidupan, karena memang dahulu belum mengalami kemajuan berpikir, maka ketika ada bencana alam, gunung meletus, badai, banjir, bahkan dgn kegelapan saja mereka takut (mereka bingung kok siang bs jd malam), 
mereka juga mengalami kebingungan dgn berbagai macam gejala alam yg terjadi. mereka berpikir "kenapa gunung meletus, kenapa siang jd malam, kenapa manusia bs mati" apakah gerangan dr semua kejadian ini???

berangkat dr rasa takut dan bingung ini, mereka mencoba dan terus berusaha menghilangkan rasa takut dan kebingungannya ini., maka karena mereka tdk bs menemukan jawabannya akhirnya mereka membuat kesimpulan bhw ada sesosok ghaib yg melakukan ini semua, makanya mereka meminta perlindungan kpd sosok yg dianggap dewa oleh mereka (padahal dewa itu adh imajinasi mereka, "bukannya dewa yg menciptkaan mereka, tp merekalah yg menciptakan dewa").
mereka membuat ritual2 khusus agar dewa mereka mau melindungi dan tdk menimpakan 
bencana.

teori yg kedua, dulu kezaliman merajalela dan seringkali dilakukan oleh penguasa "rakyat jelata yg tdk bs berbuat apa2 hanya bs berharap ada sosok penolong. dan sosok itu mereka ciptakan berupa "dewa", dewa itu dianggap penolong, meski mereka tdk bs bebas dr kezaliman penguasa, namun dewa ini dianggap memberi harapan bhw kelak mereka akan bebas dr kezaliman.

itu teorinya, pokoknya sama deh dgn filsafat hindu, tp aq salut filsafat hindu hingga sekarang masih bertahan, padahal kepercayaan2 lain bnyk yg berguguran (oh.. maaf aq lupa hindu kan bukan kepercayaan, melainkan filsafat)

2 komentar:

  1. Uraian yang sangat menarik, Sepertinya penulis tidak hanya menguasai Alquran tetapi juga tahu betul tentang weda,sehingga tersirat dalam tulisannya kalau weda isinya cuma soal ritual.
    Dan saya juga tidak tahu, apakah penulis tahunya weda itu hanya sebuah buku saja atau bagai mana?
    Kurangnya pengetahuan dan pemahaman terkadang membuat manusia salah menyimpulkan.Ke Akuannya lah yang mendominasi dan terasa kebenaran menjadi milik sendiri.

    BalasHapus
  2. Saya cuma mau bertanya, apakah sains dapat menjelaskan tongkat nabi musa yang berubah menjadi ular, dan dapat membelah lautan?

    BalasHapus