Sabtu, 11 Juni 2011

Mengenal diri mengenal islam

Apakah Tuhan itu ada???
logika orang atheis:
“sesuatu yg ada pasti bisa diinderakan (dilihat, didengar dan dirasa),”
“ tuhan tidak bisa diinderakan,”
“ kesimpulan tuhan tidak ada”

"Dan mereka berkata: “Kehidupan ini tidak lain hanyalah kehidupan di dunia saja, kita mati dan kita hidup dan tidak ada yang membinasakan kita selain masa”, dan mereka sekali-kali tidak mempunyai pengetahuan tentang itu, mereka tidak lain hanyalah menduga-duga saja" (QS. al-Jatsiyah (45) : 24)

Logika orang yang beragama:
“sesuatu yang rumit sudah barang tentu ada yang menciptakan;”
“ langit, bumi dan kehidupan di dalamnya sangatlah rumit; “
“kesimpulan langit, bumi dan kehidupan ada yang menciptakan.”

TAMBAHAN
Arloji tangan yang kecil saja yang begitu rumit dan teratur dimana perputaran detik menjadi menit dan menit menjadi jam ada yang menciptakan (mustahil tumpukan besi dengan sendirinya menjadi arloji), apalagi langit, bumi dan kehidupan pastinya ada yg menciptakan juga.
sesungguhnya manusia sangatlah lemah, dalam menemukan kebenaran manusia tidak bisa mengandalkan akal sepenuhnya,misteri alam jagad raya yang luas ini mustahil bisa dijangkau oleh akal manusia. bulan saja, benda langit yang paling dekat dengan bumi misterinya belum banyak terkuak.
ada contoh yaitu aristoteles (filosof yunani), ia mampu berpikir dan menyimpulkan bahwa tuhan itu ada dan satu, tapi ia kebingunggan tuhannya mana?? ini dikarenakan tidak sampai datang rosul dan kitab kepadanya.
maka tuhan menurunkan rosul dan kitab (kumpulan firman tuhan) agar membantu manusia bisa menemukan kebenaran.

.” Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda(kekuasaan Allah) bagi orang-orang yang berakal,”(QS Al imron:190)

Jika tuhan ada, lalu tuhan yang mana???? Semua agama mengaku tuhannya yang benar.

Barang siapa mencari agama selain agama Islam, maka sekali-kali tidaklah akan diterima (agama itu) daripadanya, dan dia di akhirat termasuk orang-orang yang rugi (QS Al ‘Imron:85)

”Sesungguhnya agama (yang diridhoi) di sisi Allah hanyalah Islam. Tiada berselisih orang-orang yang telah diberi al-Kitab kecuali sesudah datang pengetahuan kepada mereka, karena kedengkian (yang ada) di antara mereka. Barangsiapa yang kafir terhadap ayat-ayat Allah sesungguhnya Allah sangat cepat hisab-Nya.” (QS al imron: 19).

”Dialah yang mengutus rasul-Nya dengan membawa petunjuk dan agama yang benar agar Dia memenangkannya di atas segala agama-agama meskipun orang-orang musyrik benci.” (QS. As saff (61) ayat 9).

Apa buktinya islam satu-satunya agama yang benar????

Jawabannya al qur’an adalah kitab suci paling masuk akal, dan kitab lain tidak masuk akal.

"Tidakkah mereka itu merenungkan Al-Quran? Seandainya Al-Quran itu dari sisi selain Allah, maka mereka akan menemukan banyak pertentangan di dalamnya. " (QS an nisa:82)

-Ini adalah sebuah kitab yang Kami turunkan kepadamu penuh dengan berkah supaya mereka memperhatikan ayat-ayat-nya dan supaya mendapat pelajaran orang-orang yang mempunyai akal. (QS Shaad ayat 29).

(Al Qur,an) ini adalah penjelasan yang sempurna bagi manusia, dan supaya mereka diberi peringatan dengannya, dan supaya mereka mengetahui bahwasanya Dia adalah Tuhan Yang Maha Esa dan agar orang-orang yang berakal mengambil pelajaran (QS Ibrahim 52).
Allah menyediakan bagi mereka azab yang keras, maka bertakwalah kepada Allah hai orang-orang yang mempunyai akal; (yaitu) orang-orang yang beriman. Sesungguhnya Allah telah menurunkan peringatan kepadamu. (QSt Ath-Thalaaq 10).

Apa buktinya al qur’an masuk akal???

1. Al qur’an kitab suci yang tidak hanya mengatur hubungan manusia dengan tuhannya, tapi manusia dengan manusia lainya.
a. Politik
Hai orang-orang yang beriman, taatilah Allah dan taatilah Rasul (Nya), dan ulil amri di antara kamu. (QS. An Nisaa':59)
Orang-orang yang mematuhi seruan Tuhan mereka,melaksanakan shalat (dengan sempurna),serta urusan mereka diputuskan dengan musyawarah antar mereka (Al-Syura (42): 38)

b. Ekonomi (jual beli, utang piutang)
“Tuhan menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba” (QS al baqoroh (2):275)
“Dan sempurnakanlah takaran apabila kamu menakar, dan timbanglah dengan neraca yang benar. ItuIah yang lebih utama (bagimu) dan lebih baik akibatnya.” (Q.S Al lsraa(17): 35)
Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu bermuamalah tidak secara tunai untuk waktu yang ditentukan, hendaklah kamu menuliskannya. Dan hendaklah seorang penulis di antara kamu menuliskannya dengan benar. Dan janganlah penulis enggan menuliskannya sebagaimana Allah telah mengajarkannya, maka hendaklah ia menulis, dan hendaklah orang yang berhutang itu mengimlakkan (apa yang akan ditulis itu), dan hendaklah ia bertaqwa kepada Allah Rabbnya, dan janganlah ia mengurangi sedikitpun daripada hutangnya. Jika yang berhutang itu orang yang lemah akalnya atau lemah (keadaannya) atau dia sendiri tidak mampu mengimlakkan, maka hendaklah walinya mengimlakkan dengan jujur. Dan persaksikanlah dengan dua orang saksi dari orang-orang lelaki (di antaramu). Jika tak ada dua orang lelaki, maka (boleh seorang lelaki dan dua orang perempuan dari saksi-saksi yang kamu ridhai, supaya jika seorang lupa maka seorang lagi mengingatkannya. Janganlah saksi-saksi itu enggan (memberi keterangan) apabila mereka dipanggil; dan janganlah kamu jemu menulis hutang itu, baik kecil maupun besar sampai batas waktu membayarnya. Yang demikian itu, lebih adil di sisi Allah dan lebih dapat menguatkan persaksian dan lebih dekat kepada tidak (menimbulkan) keraguanmu. (Tulislah muamalahmu itu), kecuali jika muamalah itu perdagangan tunai yang kamu jalankan di antara kamu, maka tak ada dosa bagi kamu, (jika) kamu tidak menulisnya. Dan persaksikanlah apabila kamu berjual beli; dan janganlah penulis dan saksi saling sulit-menyulitkan. Jika kamu lakukan (yang demikian), maka sesungguhnya hal itu adalah suatu kefasikan pada dirimu. Dan bertaqwalah kepada Allah; Allah mengajarmu; dan Allah Maha Mengetahui segala sesuatu. (QS. Al Baqoroh:282)
c. SOSIAL
”Hendaklah kamu tolong menolong dalam kebaikan dan ketaqwaan, dan janganlah saling membantu dalam perbuatan dosa dan permusuhan.” (al maidah:2)
“Wahai orang-orang yang beriman, nafkahkanlah (di jalan allah) sebagian dari hasil usahamu yang baik-baik dan sebagian dari apa yang Kami keluarkan dari bumi untuk kamu. (al-Baqarah, (2): 267)
Sesungguhnya zakat-zakat itu, hanyalah untuk orang-orang fakir, orang-orang miskin, pengurus-pengurus zakat, para mu'allaf yang dibujuk hatinya, untuk budak, orang-orang yang berhutang, untuk jalan Allah dan untuk mereka yuang sedang dalam perjalanan, sebagai suatu ketetapan yang diwajibkan Allah, dan Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana(At taubah:60)

 
d. Militer/pertahananDan perangilah mereka itu, sehingga tidak ada fitnah lagi dan (sehingga) ketaatan itu hanya semata-mata untuk Allah. Jika mereka berhenti (dari memusuhi kamu), maka tidak ada permusuhan , kecuali terhadap orang-orang yang zalim. (Q.S. Al-Baqoroh: 193)
“Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berperang di jalan-Nya dalam barisan yang teratur seakan-akan mereka seperti suatu bangunan yang tersusun kokoh.” (Ash-Shaf(61): 4)

2. Al quran berisi berita-berita yang relevan dengan sains modern, padahal al quran diturunkan 14 abad yg silam jauh sebelum sains modern berkembang.
a. Pembungkusan tulang oleh otot
"Kemudian air mani itu Kami jadikan segumpal darah, lalu segumpal darah itu Kami jadikan segumpal daging, dan segumpal daging itu Kami jadikan tulang-belulang, lalu tulang belulang itu Kami bungkus dengan daging. Kemudian Kami jadikan dia makhluk yang (berbentuk) lain. Maka Maha Sucilah Allah, Pencipta Yang Paling Baik" (Al mu’minun (23):14)
b. Tanda pengenal manusia pada sidik jari
"Apakah manusia mengira bahwa Kami tidak akan mengumpulkan (kembali) tulang-belulangnya? Ya, bahkan Kami mampu menyusun (kembali) ujung jari-jarinya dengan sempurna." (Al Qiyamah,(75):3-4)
c. Pemisahan langit dan bumi (teori big bang)
"Dan apakah orang-orang yang kafir tidak mengetahui bahwasanya langit dan bumi itu keduanya dahulu adalah suatu yang satu, kemudian Kami pisahkan antara keduanya. Dan dari air Kami jadikan segala sesuatu yang hidup. Maka mengapakah mereka tiada juga beriman?" (Al anbiya,( 21):30)
d. Garis edar (orbit)
"Dan Dialah yang telah menciptakan malam dan siang, matahari dan bulan. Masing-masing dari keduanya itu beredar di dalam garis edarnya." (Al anbiya (21):33)
e. Relativitas waktu (teori relativitas einstein)
"Dia mengatur urusan dari langit ke bumi, kemudian (urusan) itu naik kepada-Nya dalam satu hari yang kadarnya adalah seribu tahun menurut perhitunganmu." (As sajdah( 32):5)
f. Pergerakkan gunung
"Dan kamu lihat gunung-gunung itu, kamu sangka dia tetap di tempatnya, padahal dia berjalan sebagai jalannya awan. (Begitulah) perbuatan Allah yang membuat dengan kokoh tiap-tiap sesuatu; sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan." (An naml (27):88)
g. Pembentukkan hujan
"Dialah Allah Yang mengirimkan angin, lalu angin itu menggerakkan awan dan Allah membentangkannya di langit menurut yang dikehendakiNya, dan menjadikannya bergumpal-gumpal; lalu kamu lihat air hujan keluar dari celah-celahnya; maka, apabila hujan itu turun mengenai hamba-hambaNya yang dikehendakiNya, tiba-tiba mereka menjadi gembira" (Ar rum(30):48)
h. Lautan yang tidak bercampur satu sama lain
"Dia membiarkan dua lautan mengalir yang keduanya kemudian bertemu, antara keduanya ada batas yang tak dapat dilampaui oleh masing-masing." (Ar rahman (55):19-20)
dan masih banyak lagi relevansi Al quran dengan sains modern..
“Sains” adalah hasil karya akal manusia yang cemerlang dalam mengungkap misteri alam dan kehidupan, dengan melakukan penyelidikan2 ilmiah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar