Jumat, 17 Juni 2011

gunakan akal dan nuranimu..

org islam punya kitab dan jika kitabnya dikritik maka org islam akan berusaha membantah, begitu pula org kristen punya kitab dan berusaha keras untuk mempertahankan argumennya, begitu juga agama yahudi, hindu dan budha.

udah gini aja...
aku menawarkan sebuah teori logika berantai dan mudah2an kalian bs memperhatikanya dgn baik. peringatan!! mari kita singkirkan dahulu dalil-dalil dr kitab manapun.

1. oke yg pertama kita sepakat bhw manusia saat baru lahir ibarat kertas putih (teori "tabula rasa" oleh jhon locke) jadi yg menentukan ia islam, yahudi, kristen, hindu adh orang tuanya dan lingkungannya
2. kita tidak boleh selamanya hingga mati membiarkan takdir kita ditentukan oleh orang tua kandung/asuh/lingkungan. kita punya akal dan dgn akal kita bs berkehendak untuk berbuat dan memilih.
3. akal diciptakan tuhan agar ia dapat mengenali dirinya dan mengenal tuhannya, mustahil seseorg tanpa akal dapat mengenal tuhanya bahkan dirinya sendiri tidak. (teori Cogito ergo sum "saya berpikir maka saya ada" oleh descartes). inilah hebatnya akal..
4. jika kita telah sadar, maka mari dgn akal ini kita berpikir dan merenung lebih jauh tentang hakikat penciptaan, baik penciptaan langit dan bumi maupun penciptaan kehidupan pada diri kita sendiri.
5. dari hasil perenungan ini, ada 2 kemungkinan:1) alam ini ada yg menciptakan 2)alam ini tdk ada yg menciptakan, dgn kata lain alam berjalan sesuai dgn hukumnya sendiri.
6. karena hanya ada 2 kemungkinan, maka muncul sebuah pertanyaan hakiki "Apakah Tuhan itu ada???"
7. logika orang atheis:
“sesuatu yg ada pasti bisa diinderakan (dilihat, didengar dan dirasa),”
“ tuhan tidak bisa diinderakan,”
“ kesimpulan tuhan tidak ada”
8. Logika orang yang beragama:
“sesuatu yang rumit sudah barang tentu ada yang menciptakan;”
“ langit, bumi dan kehidupan di dalamnya sangatlah rumit; “
“kesimpulan langit, bumi dan kehidupan ada yang menciptakan.”
9. menurut anda mana logika yg bs anda terima??? terserah anda untuk memilihnya, krn setiap org bebas menentukan pilihan jalan hidupnya. namun hati2 dalam memilih, krn setiap pilihan hrs berdasarkn pertimbangan yg matang, krn dlm hidup hanya ada 2 pilihan untung atau rugi.
10. karena aq org yg beragama, maka aq akan memberikan sebuah argumen:
"Arloji tangan yang kecil saja yang begitu rumit dan teratur dimana perputaran detik menjadi menit dan menit menjadi jam ada yang menciptakan (mustahil tumpukan besi dengan sendirinya menjadi arloji), apalagi langit, bumi dan kehidupan pastinya ada yg menciptakan juga.
sesungguhnya manusia sangatlah lemah, dalam menemukan kebenaran manusia tidak bisa mengandalkan akal sepenuhnya,misteri alam jagad raya yang luas ini mustahil bisa dijangkau oleh akal manusia. bulan saja, benda langit yang paling dekat dengan bumi misterinya belum banyak terkuak.
ada contoh yaitu aristoteles (filosof yunani), ia mampu berpikir dan menyimpulkan bahwa tuhan itu ada dan satu, tapi ia kebingunggan tuhannya mana?? ini dikarenakan tidak sampai datang rosul dan kitab kepadanya.
maka tuhan menurunkan rosul dan kitab (kumpulan firman tuhan) agar membantu manusia bisa menemukan kebenaran."
11. jika anda sdh yakin bahwa tuhan itu ada, maka ada sebuah pertanyaan:
"Jika tuhan ada, lalu tuhan yang mana???? Semua agama mengaku tuhannya yang benar.
12. jika setiap agama mengaku bahwa tuhannya yg benar, maka ada dua kemungkinan:1) semua agama memang benar, karena sama2 meyakini adanya tuhan 2)dari sekian banyak agama hanya satu yg benar
13. karena saya yakin bhw agama yg benar hanya satu, maka saya akan memberikan sebuah argumen:
logika 1
"jika semua agama benar, maka tentunya saya yg islam di waktu lain boleh menyembah budha, krisna ataupun yesus. Karena benar dan benar pada prinsipnya bisa di satukan.Dalam hal ini ada pembenaran mencampurkan ajaran agama"
logika 2
"jika agama yg benar hanya satu, otomatis saya tdk boleh mengerjakan peribadatan atau perintah agama lain, krn agama yg lain salah dan peribadatannya adh sia-sia. benar dan salah pada prinsipnya tidak boleh bersatu"
bagi saya logika pertama sangatlah konyol, karena bisa saja ada manusia tak bertanggung jawab dan mengaku dirinya utusan tuhan, apa mungkin agama yg suci bs disandingkan dgn agama palsu buatan manusia ini.
14. jika agama yg benar hanya satu, lantas agama yg benar yg seperti apa??
15. agama yg benar ada 2 kemungkikan: 1) agama monotheis (satu tuhan) 2) agama polytheis (tuhan lebih dr satu)
16. saya org yg yakin tuhan hanya satu, argumennya:
"jika tuhan bnyk niscaya, masing2 tuhan akan saling berebut kekuasaan dan menjadikan dirinya satu-satunya tuhan yg paling tinggi. jika tuhan berselisih maka alampun akan rusak, sebagaimana kerusakan bumi akibat perang berebut kekuasaan antar manusia"
17. agama monotheis ada banyak, maka agama monotheis yg benar yg mana??
18. agama adh ajaran yg berisi aturan2 tuhan kepada manusia agar manusia hidup bahagia di dunia dan akhirat. dalam hal ini agama harus jelas aturan2nya. aturan2 itu pada setiap agama semuanya termaktub dalam suatu kitab, yg mana kitab ini adh kumpulan wahyu/firman tuhan.
untuk mengetahui agama yg benar seperti apa, lihatlah kitab sucinya.
19. kitab yg benar harus memiliki ciri2 berikut:
a)kitab itu harus menjelaskan konsep ketuhanan yg jelas dan masuk akal, tdk ada ayat2 yg bertentangan di dalamnya
b) kitab itu harus memuat aturan di segala aspek kehidupan, karena jika agama hanya memuat aturan ritual (hubungan dgn tuhan saja), maka manusia akan bahagia di akhirat saja. maka kitab suci harus memuat persoalan dari soal keluarga (pernikahan, waris), masyarakat (jual beli, utang piutang, peradilan/hukum), maupun negara (politik, pertahanan/militer).
c) kitab itu harus bs menjelaskan konsep alam dan fenomena2nya, maka jika kitab itu ada penjelasan tentang konsep alam dan fenomena2nya, otomatis harus relevan dgn ilmu pengetahuan/sains.
kitab yg tdk berisi ayat2 tentang penjelasan alam dan fenomena2nya sangatlah diragukan, dan jika suatu kitab ada ayat2 tentang penjelasan alam dan fenomena2nya namun bertentangan dgn sains, maka kitab ini sangat BESAR keraguannya.

anda boleh mengkritisi penjelasan saya mengenai tuhan dan agama. mudah2an penjelasan logika di atas, bs memotivasi kita agar bs mendayagunakan anugrah terbesar manusia (akal) lebih maksimal, dan dgn mendayagunakan akal ini, mudah2an kita akan menemukan kebenaran sejati. barangsiapa yg menemukan kebenaran sejati maka ia akan bahagia

kebenarn sejati hanya bs kita temukan jika kita mau membuka akal dan nurani kita. percayalah nurani tdk bs berbohong, maka ikuti nuranimu dan hilangkan ego.
sedangkan nurani berkata sesuai dgn petunjuk akal.

peringatan!!! logika di atas tdk menjamin anda menemukan kebenaran namun hanya membantu anda menemukan kebenaran.

mohon maaf dan terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar